5 Bahaya Vertigo yang Perlu Di Waspadai

5 Bahaya Vertigo yang Perlu Di Waspadai

5 Bahaya Vertigo yang Perlu Di Waspadai – Bahaya vertigo perlu untuk diwaspadai, bahkan kecuali vertigo kerap muncul, berlangsung mendadak, dan bertahan lama. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih berhati-hati dan mengambil tindakan penanganan sekaligus pencegahan agar gejala vertigo yang terlihat bisa terkontrol.

Vertigo adalah sensasi kehilangan keseimbangan yang membawa dampak orang terasa layaknya sedang berputar atau sekelilingnya berputar. Serangan vertigo bisa berlangsung secara tiba-tiba dan berlangsung selama sebagian detik atau bisa saja lebih lama.

Walaupun kerap disebabkan oleh stres dan bisa membaik bersama dengan sendirinya, vertigo bisa saja ditimbulkan oleh penyakit tertentu. Bahaya vertigo bergantung pada penyebabnya, seumpama karena masalah di telinga bagian dalam atau problem otak.

Jenis-Jenis Vertigo dan Gejalanya

Berdasarkan penyebabnya, vertigo terbagi menjadi dua jenis, yakni vertigo sentral dan perifer. Vertigo sentral adalah model vertigo yang disebabkan oleh problem pada otak, layaknya infeksi, stroke, atau cedera otak.

Sementara itu, vertigo perifer adalah model vertigo yang berlangsung karena problem pada saraf atau organ keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam, seumpama BPPV, penyakit Meniere, labirinitis, atau neuritis vestibular. Vertigo perifer merupakan model vertigo yang paling kerap terjadi.

Saat serangan vertigo terjadi, bermacam gejala bisa terlihat yang meliputi:

  • Rasa pusing yang berputar atau sekeliling terlihat bergerak meski saat penderitanya dalam situasi diam
  • Gerakan mata abnormal atau disebut nistagmus
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Suara berdenging di telinga atau problem pendengaran
  • Beragam Bahaya Vertigo yang perlu Diwaspadai
  • Saat mengalami serangan vertigo, ada bermacam bahaya vertigo yang bisa terjadi, yaitu:

Kecelakaan saat berkendara

Jika Anda kerap mengalami pusing atau sensasi berputar dan mengendarai kendaraan sendiri, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Vertigo kambuh saat berkendara rentan membawa dampak kecelakaan yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga : Masalah Kesehatan Jiwa Konsultasi ke Rumah Sakit Jiwa Ini

Jatuh akibat kehilangan keseimbangan

Bahaya vertigo yang terhitung bisa dialami penderitanya adalah terjatuh dan mengalami cedera akibat tidak bisa mempertahankan posisi tubuh dan keseimbangannya. Oleh karena itu, penderita vertigo perlu lebih waspada.

Gangguan pendengaran

Jika vertigo disebabkan oleh problem pada organ keseimbangan yang ada di telinga, kambuhnya vertigo bisa disertai problem pendengaran, layaknya telinga berdenging, penurunan kapabilitas mendengar, bahkan hilangnya pendengaran.

Aktivitas sehari-hari terhambat

Pada masalah kronis, bahaya vertigo terhitung bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Hal ini karena vertigo bisa kambuh secara tiba-tiba. Saat vertigo kambuh, Anda bisa susah berdiri dan berlangsung sampai menghambat kegiatan dan pekerjaan.

 Tanda penyakit stroke atau masalah lain pada otak

Jika kerap kambuh, terlebih disertai gejala lain, layaknya kelemahan pada satu sisi tubuh, problem penglihatan, atau susah untuk mengontrol gerakan tubuh, vertigo bisa menjadi isyarat dari problem pada proses saraf. Salah satunya adalah stroke yang bisa membawa dampak kelumpuhan permanen, bahkan mengancam nyawa.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *