11 Makanan Tinggi Purin Penyebab Asam Urat Harus Dihindari

11 Makanan Tinggi Purin Penyebab Asam Urat Harus Dihindari 

11 Makanan Tinggi Purin Penyebab Asam Urat Harus Dihindari  – Asam urat sanggup menyerang siapa saja di usia berapapun. Umumnya, tanda-tanda asam urat terlalu merasa di bagian persendian, kalau lebih gawat dapat terbentuk benjolan di tempat tersebut. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya purin yang membentuk kristal di persendian.

Penyebab asam urat sanggup bermula dari genetik dan efek situasi medis lain. Namun, kudu mencermati termasuk kalau makanan yang sehari-hari Anda konsumsi termasuk sanggup menjadi penyebab asam urat.

Yuk, cari mengerti makanan penyebab asam urat apa saja yang membuatnya kambuh dan semakin parah!

Daftar makanan penyebab asam urat

Asam urat kambuh atau meninggi disebabkan oleh konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin berlebih. Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, konsumsi purin dianjurkan kurang dari 400 mg/hari untuk menghindar asam urat.

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau sehat yang kaya zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Sayur bayam termasuk rendah kalori dan kaya serat, cocok untuk yang tengah menjalani diet penurunan berat badan. Tapi, kudu mengerti bahwa sayuran hijau, termasuk bayam, punya kandungan purin yang tinggi.

100 gram bayam memiliki kandungan 57 purin. Maka dari itu, porsi sayur bayam kudu diperhatikan ya!

Brokoli

Sayur brokoli tinggi kandungan vitamin C untuk kekuatan tahan tubuh, vitamin K untuk pembentukan kolagen dan menguatkan tulang dan gigi. Lalu, brokoli termasuk kaya dapat antioksidan sebagai inflamator di dalam pencegahan kanker. Dalam 100 gram brokoli terkandung 81 mg purin.

Kismis

Kismis adalah anggur kering manis yang sering di sediakan untuk kue dan roti. Kismis memiliki kandungan potasium, zat besi, dan vitamin B yang tinggi. Kismis termasuk tinggi karbohidrat untuk pembentukkan energi. Namun, kudu di perhatikan kuantitas konsumsi kismis ini bagi penderita asam urat. Pasalnya, 100 gram kismis memiliki kandungan 107 mg purin.

Pisang

Buah pisang masuk ke di dalam daftar makanan penyebab asam urat, sebab memiliki kandungan 57 mg purin untuk berat 100 gram. Meskipun tinggi potasium yang termasuk terlalu baik untuk menetralkan aliran darah dan tinggi serta, konsumsi buah pisang termasuk kudu di seimbangkan dengan buah lainnya untuk menghindar munculnya asam urat.

Baca Juga : Cara Cepat dan Praktis Mengatasi Penyakit Asma

Kacang-kacangan

Segala makanan atau minuman yang terbuat dari kacang membuat asam urat tinggi. Misalnya, mengerti dan juga  tempe sebagai makanan tradisional Indonesia, termasuk menjadi penyebab asam urat. Dalam segala model kacang-kacangan yang menjadi penyebab asam urat memiliki kandungan lebih dari 200 mg purin per 100 gram.

Daging ayam

Banyak orang yang menjelaskan kalau daging merah memiliki kandungan purin yang lebih tinggi di banding ayam. Nah, 100 gram daging ayam yang sering konsumsi ternyata memiliki kandungan 170 mg purin, lho! Untuk itu, beri jeda untuk konsumsi daging ayam ya, walau ayam termasuk bergizi sebab memiliki kandungan protein tinggi, vitamin B3, dan juga  selenium yang baik untuk peredaran darah.

Daging sapi

Daging sapi walau tinggi lemak, namun termasuk memiliki kandungan vitamin B6, zat besi, protein, selenium, dan juga  zink. Bagi orang yang menderita asam urat, konsumsi daging merah kudu di batasi, sebab di dalam 100 gram daging sapi terkandung 133 mg purin.

Salmon

Ikan salmon menjadi favorit banyak orang yang hobi kuliner jepang, kebanyakan tersaji di dalam menu sushi atau sashimi. Kabar baiknya, salmon memiliki kandungan omega-3 sebagai lemak baik yang berfungsi untuk kesegaran otak dan juga  jantung. Sayangnya, 100 gram ikan salmon memiliki kandungan 170 mg purin. Wah, cukup tinggi juga, ya?

Daging babi

kudu tahu, kalau daging babi kalau di konsumsi secara terlalu berlebih sanggup membuat asam urat meninggi. Pasalnya, di dalam 100 gram daging babi terkandung 166 mg purin.

Udang

Konsumsi udang yang berlebih ternyata berdampak pada asam urat juga, lho! Dalam 100 gram udang memiliki kandungan 147 mg purin. Meskipun udang termasuk memiliki kandungan gizi baik, seperti asam amino.

Daging bebek

Tahu nggak, kalau daging bebek termasuk memiliki kandungan purin yang tinggi dan juga  menjadi makanan penyebab asam urat?

Nah, kandungan purin di dalam 100 gram daging bebek sebanyak 138 mg. Untuk itu, kudu mengerti untuk menghambat asupan daging bebek walau daging bebek termasuk punya kandungan dan juga  mineral baik untuk tubuh.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *