Demam Cikungunya

| Ditulis oleh | Kategori: Berita
Demam Chikungunya  adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. Chikungunya demam awalnya ditemukan hanya di negara-negara Asia dan Afrika, tetapi di tahun 2006 CDC ditemukan virus chikungunya di Amerika Serikat melalui tes PCR. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Tanzania pada 19521953. Sementara di Indonesia sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1982. Virus pertama kali ditemukan dalam tubuh manusia dan nyamuk, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, mengungkapkan bahwa virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk. Berdasarkan hasil studi juga menemukan bahwa tidak semua nyamuk dapat berfungsi sebagai vektor virus. Ada 2 jenis nyamuk yang dikenal dapat menularkan virus chikungunya Nyamuk Aedes aegypty IE dan Aedes albopictus. Kehadiran nyamuk akan meningkat terutama pada musim hujan
GEJALA DAN TANDA-TANDA
Chikungunya demam adalah perkiraan masa inkubasi berlangsung selama 2-12 hari, paling sering untuk 3-7 hari. Gejalagejala yang timbul mirip dengan gejala demam berdarah dengue. Hal ini hanya pada gejala chikungunya demam dan nyeri sendi (atralgia) berat dan berlangsung lebih lama. Chikungunya demam, namun jarang ancaman kematian penyebab dibandingkan dengan demam berdarah dengue.
Gejala yang muncul termasuk demam tinggi (38 ºc-40 ºc) yang berlangsung selama 2-3 hari, disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, mual dan muntah, ruam kemerahan pada kulit, serta merasa lemah. Keluhan pendamping ini biasanya berlangsung selama 17 hari.
Dalam keluhan ini, demam chikungunya adalah yang dominan adalah nyeri sendi. Rasa sakit ini biasanya muncul tidak hanya pada satu sendi, tetapi pada banyak sendi dan bergerak dari satu sendi sendi lainnya. Terasa sendi yang menyakitkan biasanya kecil sambungannya seperti sendi tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan sendi kaki. Sendi besar yang jarang terkena. Selain rasa sakit, pembengkakan dan kemerahan muncul kadang-kadang pada sendi jadi hambatan untuk gerakan sendi. Pada 5-10% pasien, keluhan nyeri sendi, kaku, dan bengkak pada persendian ini dapat memakan waktu hingga hari setahun setelah demam menghilang. Berat ringannya komplikasi yang timbul tergantung sangat banyak usia pasien. Yang lebih muda usia pasien kemudian komplikasi timbul akan lebih ringan.
Memuat…
Open chat
Powered by